Teknik Kimia adalah cabang ilmu terapan (Teknik) yang mempelajari tentang proses, yaitu merubah bahan mentah (Raw Material) menjadi barang jadi (Product) yang memiliki nilai guna dan nilai komersial yang lebih dari bahan mentah. Proses inilah yang akan dipelajari oleh seorang teknik kimiawan sebagai bahan studinya setiap hari.

Pengaplikasian teknik kimia sendiri meliputi dalam perancangan, pemeliharaan serta perawatan proses dalam suatu industri baik dalam skala kecil maupun besar. Selain itu seorang teknik kimiawan juga berusaha menemukan inovasi - inovasi baru dalam perkembangan ke teknik- kimiaan, diantaranya dalam menemukan material serta teknik teknik baru guna menciptakan proses industri yang lebih efisien.

Hal- hal yang dipelajari tentunya besangkutan dengan proses kimia itu sendiri sebagai dasarnya, reaksi kimia, sifat kimia serta penerapannya dalam pembuatan atao produksi. Ilmu- ilmu yang mendukung juga lebih banyak dipelajari demi mendukung praktek dalam penerapannya, seperti ilmu fisika tentang panas, termodinamika, neraca massa, energi, perpindahan massa momentum dan sebagainya.

Keemua ilmu yang bersatu padu itu kesemuanya akan mendukung dalam penerapan teori dilapangan produksi.

Tentunya semakin pesat perkembangan teknologi, komputasi proses juga tak terelakkan dapat merambah industri proses. Proses produksi yang telah terkomputasi serta telah terotomatisasi akan menambah keefisienan suatu proses. Dengan kemajuan teknologi seperti itulah akan mempermudah seorang teknik kimiawan dalam mengawasi, serta merawat proses yang terjadi dilapangan.
referensi : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_kimia