Ada yang suka Desain? atau cuma ngedit foto? pasti andalannya rata- rata pakai Photoshop kan?

Ya, memang aplikasi yang paling populier kalau soal desain dan ngedit foto itu, ya photoshop. Aplikasi satu ini mempunyai banyak fitur yang canggih dan juga mudah digunakan, banyak juga sekolahan yang sudah mulai mengajarkan desain atau edit dengan photoshop ini. Namun photoshop yang digunakan, rata- rata memang photoshop bajakan. Kenapa bajakan? ya karena harga photoshop yang original lebih mahal dari laptop yang dipunya, harganya sekitar Rp.7 jutaan, sedangkan kalau membajak, hanya tinggal membeli CD dengan harga Rp.10.000 atau mengcopy dari teman. Ada baik buruknya memang.

Nah, kalau gak mau membajak, kenapa nggak mencoba software yang free ware?

Salah satunya adalah software editor grafis profesional yang berbasis General Public Lisense yaitu lisensinya bebas, dapai di edit oleh semua kalangan, software tersebut bernama GIMP.

GIMP atau singkatan dari GNU Image Manipulation Program, software ini didistribusikan secara gratis pada OS Linux, namun seiring perkembangannya yang diminati oleh masyarakat, maka peranti ini sudah dikonversi dan tersedia untuk OS yang lain secara umum yaitu windows.

Meskipun software gratis, fitur yang tersedia di GIMP tak kalah dibandingkan dengan photoshop. Software ini dapat mempermudah penggunanya mengedit foto dengan cepat melalui fitur yang tersedia.

Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut nih, tampilannya :
Menu- menu yang tersedia :

Ada yang tertarik Download???

Referensi :
id.wikipedia.org/wiki/GIMP
http://belajarfotografi.com/gimp/