Mata Kuliah Teknik Kimia


Setelah menginjakkan kaki di semester tiga telah banyak ilmu yang dipelajari penulis tentang ilmu ke- Teknik Kimia-an, tentunya ilmu ini akan menunjang dalam pengaplikasiannya setelah lulus nanti. Mata kuliah yang dipelajari bervariasi tingkat kesulitannya tergantung orangnya yang memmpelajari, namun jika ia ingin dan rajin pastilah akan mudah untuk dikuasai. Namun, ilmu itu adalah hal yang takkan habis untuk dibagikan dan dipelajari, semakin banyak belajar aan semakin baik. Yo, penulis kasih informasi tentang Mata Kuliah apa aja yang dipelajari di Teknik Kimia dari penulis kuliah di semester pertama, namun ini adalah mata kuliah yang menyangkust Teknik Kimia saja, mata kuliah yang menurut penulis umum, tidak dijelaskan di artikel ini. 

Azas Rekayasa Proses
Mata Kuliah ini adalah mata kuliah awal yang penulis kenal di semester satu yang nyangkut- nyangkut masalah ke-Teknik Kimia-an. Karena diantara Mata kuliah yang lain, mata kuliah inilah yang ngebahas tentang aplikasi ilmu sains di teknik kimia. 

Pengantar Ilmu Lingkungan

Mungkin pelajaran ini sudah pernah diajarkan saat masa- masa SMA. Namun mata kuliah ini lebih memperdalam lagi tentang permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh Teknik Kimia, dan solusi permasalahan tersebut dengan aplikasi ilmu teknik kimia. Kita akan mempelajari bagaimana suatu proses industry menghasilkan polutan, dan bagaimana kita memperkecil peluang polusi serta penanggulangan polusinya. Selain itu kita mempelajari aplikasi Teknik Kimia dalam mendukung pelestarian Lingkungan, seperti pembuatan kompos, Biogas, daur ulang , pengolahan limbah dan sebagainya.

Satuan Proses
Satuan Proses, bisa dibilang seperti belajar masak- memasak di ilmu permasakan. Namun dalam ilmu Teknik Kimia, satuan proses (Unit Operasi), kita akan mempelajari bagaimana memproduksi suatu senyawa produk dari reaktannya. Banyak senyawa yang kita pelajari cara pembuatannya dalam skala laboratorium, senyawa tersebut dibagi atas senyawa organic dan senyawa anorganik. Senyawa anorganik dipelajari di satuan proses 1, misalkan bagaimana kita memperoleh NaOH dari proses elektrolisis, memproduksi HCl, dan senyawa lainya. Produksi senyawa organic dipelajari dalam satuan proses 2 misalkan kita mempelajari Hidrolisa pati menjadi glukosa, pembuatan aspirin, reaksi esterifikasi, dan sebagainya, kesemua praktikum tersebut dilakukan dalam skala laboratorium.

Instrumentasi Analitik
Dalam Mata Kuliah ini kita akan mempelajari bagaimana mengoperasikan alat- alat analitik kimia yang sering digunakan di Industri. Alat analitik Kimia ini adalah alat yang digunakan untuk menganalisa suatu kandungan senyawa, bisa konsentrasi senyawa, kandungan senyawa dengan berbagai macam instrument dan metode. Misalkan, kita dapat mengukur kandungan konsentrasu Fe terlarut dalam suatu senyawa dengan menggunakan alat spektrofotometer, mengukur konsentrasi beberapa senyawa volatile dengan HPLC, mengukur indeks bias dengan alat refraktometer, dan sebagainya.

Instrumentasi Pengukuran
Mata kuliah ini mengenalkan kita pada alat- alat ukur yang biasa digunakan di Industri dan bagaimanna metode yang digunakannya. Disini kita akan mempelajari bagaimana mengukur laju alir suatu aliran pipa, mengukur ketinggian cairan dalam suatu tanki, mengkalibrasi alat, mengukut ketepatan dan ketelitian thermometer.
Spectrofotometer


Neraca Massa
Neraca Massa adalah mata kuliah yang lumayan bagi penulis. Ibarat kita bermain game, level skill yang hdimainkan dalam Mata kuliah ini adalah Hard, dari skala Easy-Normal-Hard-Expert. Neraca massa ini mempelajari tentang perpindahan suatu massa dalam sebuah aliran dan reactor, reactor continue tentunya. Dimana dalam sebuah reactor continue (reaktan dan produk mengalir terus menerus) terdapat laju alir masuk (feed) dan laju alir keluar, didalam reactor terdapat pencampuran senyawa, nah fungsi neraca massa ini adalah untuk mengetahui hubungan antara factor tersebut. Dalam neraca massa dipelajari bagaimana hubungan Aliran Masuk, pencampuran, dan aliran keluar dalam reactor dengan reaksi atau dalam reactor tanpa reaksi. Dalam mata kuliah ini kita juga akan banyak mempelajari tentang konversi satuan dari satuan SI ke satuan English Engineering System.

Semester 3

Neraca Energi
Neraca Energi adalah lanjutan dari Neraca Massa, namun kita membahas lebih lanjut tentang perpindahan energy dalam suatu proses. Dalam neraca massa, kita mempelajari berapa suatu massa reaktan masuk kedalam reactor, dan berapa ia keluar dari reactor dalam produk, di Neraca Energi kita membahas perukaran energy dalam reactor jika ada beberapa massa reaktan masuk, dan beberapa massa produk keluar. Misalkan saja dalam suatu proses reaksi Ekstoterm (Panas mengalir dari system ke lingkungan), maka dibutuhkan pendinginan agar reactor suhunya stabil, dan reaksi berlangsung, maka dibutuhkan umpan (feed) air pendingin, dengan mengukur berapa Energi panas yang keluar, maka kita dapat mengetahui berapa massa air pendingin yang harus masuk agar suhunya stabil, itulah salah satu aplikasi neraca energy. 

Proses Industri Kimia

Produksi gula, MSG, Garam, Semen, dan semua hal yang di produksi di pabrik akan dipelajari di sini. DI mata kuliah ini kita kan mempelajari bagaimana suatu produk dibuat dalam skala industry dengan beberapa tahapan proses untuk mengolah suatu bahan baku menjadi produk yang sempurna. Reaksi yang terlibat, suhu operasi, katalis yang digunakan, reactor yang digunakan dalam produksi senyawa yang berguna oleh masyarakat akan dipelajari dan dikupas habis disini. 

Perpindahan Massa
Suatu kesan dari Mata Kuliah Perpindahan massa ini, bagaimana dari grafik kita dapat mengetahui segalanya (haha). Perpindahan Massa suatu zat, dalam proses industry misalnya ekstraksi, absorbsi, distilasi akan dipelajari di sini, dengan menggunakan grafik fasa, dan grafik data yang diperolah kita dapat mengetahui berapa tahapan proses yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. Kita dapat mencarinya dengan persamaan neraca massa, namun dalam mata kuliah ini dengan menggunakan grafik akan lebih mudah kita mengetahui hasil akhirnya.

Teknik Reaksi Kimia
Teknin Kimia tentunya tidak akan lepas dengan reaksi kimia, di mata kuliah ini kita akan mempelajari bagaimana reaksi kimia dapat berlangsung. Mata kuliah ini mengingatkan tentang materi Kinetika Reaksi di masa SMA, dimana kita akan mempelajari kecepatan reaksi suatu reaksi dalam berbagai orde reaksi. Namun di Mata kuliah ini akan digali lebih lanjut, bagaimana jika reaksi berlangsung dalam reactor Batch, ataupun continue, bagaimana jika reaksi tersebut berlangsung dengan volume tatap atau berubah, dan sebagainya. Dalam matakuliah ini akan banyak penurunan persamaan kecepatan reaksi dengan fungsi integralnya yang ngantri.

Aplikasi Komputer

Aplikasi computer, jika di SMA kita belajar tentang Microsoft Excel, maka disini kita akan belajar tentang aplikasi MATLAB. Dalam Aplikasi Matlab ini kita belajar tentang perhitungan matematika tentang kinetika reaksi, jika dala Teknik Reaksi Kimia untuk mencari waktu reaksi atau grafik kita menggunakan persamaan matematika, akan begitu mudah jika kita dapat menguasai matlab, karena dengan Matlab reaksi sesulit apapun akan dengan mudah dikerjakan, serta kita dapat membuat grafik suatu kecepatan reaksi dengan menggunakan aplikasi ini.

Gambar Sistem Proses

Dalam Gambar Sistem Proses, kita akan menggambar ria diatas media AutoCad. Dalam bidang Teknik kimia sendiri Gambar Sistem Proses berguna dalam proses desain dan perancangan pabrik, perancangan perpipaan, reactor serta alat yang digunakan dalam teknik kimia sendiri. Gambar yang dibentuk meliputi gambar dua dimensi, dan tiga dimensi.

Itulah matakuliah di Teknik Kimia yang telah penulis alami, mungkin di Universitas lain ada perbedaan atau ada juga yang sama.