Selamat memasuki bulan Mei!
Yah,April telah berlalu dengan beberapa hal yang telah menjadi kenangan di bulan tersebut. Awal maei, hari ini adalah awal untuk memasuki bulan yang akan berbahagia ini. Dan, Pada awal bulan Mei ini kita disambut dengan Hari Buruh Internasional.


Apakah hari buruh tersebut?

Hari buruh ini dilatar belakangi oleh perlakuan yang keras kepada kaum buruh pada era kapitalisme yang terjadi pada abad 19, dimana pada abad tersebut industri sedang berkembang. Di negara Eropa Barat, dan Amerika serikat perkembangan industri berlangsung sangat cepat dan kompetitif, dan imbasnya para pekerja disana harus bekerja 12 jam sampai 20 jam perharinya, itu pun dengan upah minim, kondisi kerja yang buruk, serta kesehatan yang tidak layak.

Dari kondisi itulah akhirnya kaum pekerja bertindak, meeka melakukan perlawanan atas sistem industri kapitalis yang merugikan. Pemogokan kerja pun banyak terjadi di sana sini terjadi pertama pada tahun 1806 di Amerika serikat. Pada era tersebut perjuangan untuk mereduksi jam kerja para kaum buruh mulai dimulai.

Dan pada tahun 1872 terjadi pemogokan kerja yang dipelopori oleh Peter McGuire yang dilakukan oleh sekitar 100.000 pekerja di Amerika serikat, lalu pada 1881 McGuire mendirikan suatu perkumpulan yang berisikan para tukang kayu dan para kaum pekerja "United of Brotherhood of carpenters and Joiners" yang menuntut diadakannya hari libur untuk seluruh kaum pekerja.

Dan pada tahun 1882 tanggal 5 september terjadi parade Hari Buruh yang diadakan di jalan- jalan Amerika yang diadakan oleh 20.000 kaum pekerja yang membawa spanduk bertuliskan "8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi."

Pada Tahun 1886 pada tanggal 1 Mei di Amerika terjadi demonstransi besar- besaran yang diikuti oleh 400.000 buruh yang diadakan selama 4 hari. Namun peristiwa berdarah terjadi saat polisi menembaki para demonstran sehingga ratusan orang mati serta para pemimpinnya ditangkap lalu dihukum mati peristiwa tersebut dikenal dengan peristiwa Haymarket terjadi pada tanggal 4 mei.

Lalu pada tanggal  juli 1889 diadakan kongres sosialis dunia yang diadakan di Paris yang menetapkan 1 Mei sebagai hari Buruh Internasional yang dikenal sebagai May Day.

Peristiwa perjuangan para buruh sebenarnya terjadi beberapa kali yang menyebabkan banyak korban baik di pihak demonstran nya ataupun para pemimpinnya yang dihukum mati. Berikut Peristiwanya yang diambil dari Kompas Forum Menguak Sejarah Hari Buruh Dunia.

Hingga saat ini hari buruh diperingati setiap tanggal 1 Mei yang biasanya diadakan demonstrasi besar- besaran oleh kaum pekerja di seluruh dunia.

Ya, perkembangan industri di dunia bukanlah disebabkan oleh pemilik, pendiri atau investornya. Melainkan para kaum pekerja lah yang membuat perkembangan industri ini tetap berjalan.