Ujian Akhir Semester telah menjadi masa lalu, yang belum terlalu lama. Nilai telah terpajang di papan pengumuman, ada yang berbahagia dan ada juga yang bersedih hati meratapi nasib karena nilainya tak bisa diharapkan. Memang kawan, usaha itu berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan, meskipun ada faktor keberuntungan, kesempatan, dan doa yang mempengaruhinya.

Faktor keberuntungan dan kesempatan itu adalah variabel pengali dalam usaha yang dipilih secara random oleh Yang Maha Kuasa, sedangkan faktor doa berbanding lurus dengan keikhlasan hati yang berdoa, seberapa sering kawan berdoa, bukan hal yang random pula. Namun hasil yang baik belum tentu adalah hal yang terbaik untuk kita. Hasil terbaik adalah hasil yang kita dapatkan saat ini, apapun bentuk hasilnya, memuaskan atau tidak memuaskan ya itu adalah hasil yang paling baik.

 Kenapa seperti itu, karena semuanya adalah relatif. Hasil yang 'Baik', belum tentu baik bagi kita, misalkan saja si A karena ia mendapat nilai yang tertinggi, malah ia menjadi sombong, dan lengah terhadap dirinya sendiri, karena sudah merasa puas, maka ia tak banyak belajar dan pada akhirnya ia kembali turun nilainya karena kelengahannya itu. Begitu pula hasil yang 'Buruk', belum tentu buruk bagi pemirsa semua. Manusia tak akan tahu rasanya bangkit apabila belum merasakan terjatuh, pepatah lama yang disampaikan turun temurun menyatakan bahwa 'kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda'. Jadi semua hasil itu adalah relatif ada hal positif dan hal negatif  yang dibawanya, jadi untuk apa di sesali, di fikirkan atau dibanggakan, cukup syukuri dan lihat kedepannya saja. 

Untuk yang nilainya cukup memuaskan, penulis ucapan 'congratulation!', dan untuk yang nilainya belum memuaskan penulis juga ucapkan 'congratulation!'. Semester depan semoga lebih cerah. Sesudah kesulitan itu, pasti ada kemudahan.

Tentunya yang nilainya bagus dan nilainya jelek sama- sama berbahagia saat mendengar kata liburan semester. Apapun nilainya.

Dan penulis juga mengucapkan selamat kepada pemirsa yang sebentar lagi akan menjalankan liburan semester apakah pemirsa sudah mempunyai rencana apa yang akan di lakukan saat liburan? mau kemana saat liburan?

Biasanya, saat liburan menjelang para mahasiswa telah mempunyai agendanya masing- masing, ada yang melakukan berpetualang ke alam rimba bersama teman- teman tercinta, ada yang ikut sibuk mengurus event- event yang diadakan di kampus atau organisasinya, ada yang liburan bersama keluarga, ada yang pulang kampung bertemu orang tua, ada yang ikut traveling ke kampung temannya, dan ada juga yang nggak kemana- mana. Itu sih pilihan pemirsa termasuk tipe yang mana, tapi penulis mempunyai saran dan tips- tips bagi pemirsa yang mau liburan semesteran, apapun tipe anda.

1. Bagi yang mau berpetualang ke rimba
Cukup asyik ya pemirsa, berpetualang menjelajah alam misalnya ke gunung, hutan dan sebagainya. Namun perli diperhatikan juga bahwa liburan ini adalah liburan yang cukup berbahaya bagi pemirsa juga jadi hati- hati dan cerati beberapa tips berikut :
a. Jaga kondisi pemirsa sebelum berpetualang, coba cek up ke puskesmas terdekat terlebih dahulu.
b. Sering- sering berolahraga sebalum hari keberangkatan agar kondisi dapat fit dan prima. Hindari tidur- tiduran di kosan sepanjang hari terutama di siang hari dan banyak lakukan aktifitas yang sering banyak gerak, contohnya keliling komplek rumah kosan, ditambah ngobrol sama satpam lebih afdol.
c. Jaga pola makan yang teratur, dan banyak makan sayuran agar terbiasa dengan kondisi hutan. dan juga lebih banyak asupan serat maka pencernaan anda lancar.
d. Lebih banyak berdiskusi dengan teman sependakian untuk merencanakan planning selama perjalananan agar tidak bosen.
e. Siapkan barang- barang, jaket tebal dan logistik, konsumsi makanan selama petualangan, senter, agar tidak merepotan saat di jalan.
f. Bawa barang bawaan yang perlu saja jangan sampai berlebihan sehingga membebani pundak anda selama petualangan.
g. jangan lupa berdoa.

2. Bagi yang sibuk ngurus event organisasi
Kegiatan organisasi tak lepas dari peran Mahasiswa, salut dah buat pemirsa yang seperti ini. Tapi biasanya saat liburan, di kampus sepi karena mahasiswanya pada mudik. Maka dari itu yang mau ikutan ngurus event, coba cari event di luar yang diadakan pas liburan. Hal yang menyenangkan saat melakukan hal ini adalah pemirsa jadi punya teman- teman baru dan jugapengalaman baru. Tapi tetap dalam suasana liburan, berikut ada tips- tipsnya.
1.      Atur waktu untuk mengikuti event tersebut, jangan sampai event tersebut menyita seluruh waktu liburan anda.
2.      Persiapkan keperluan anda selama mengikuti acara tersebut, lebih banyak waktu untuk sibuk lebih banyak pula tenaga yang digunakan.
3.      Pemirsa tak bisa menghindai kalau akan jauh dari keluarga, so sempatkan untuk sekedar menelfon keluarga karena pemirsa tidak bisa pulang.
4.      Sering main dengan teman agar tidak jenuh selama menjalankan tugas.
5.      Segerakan pulang saat aara sudah selesai.

3. Bagi yang mau mudik
Sebagai mahasiswa rantauan sangat menyenangkan apabila bertemu keluarga sat liburan, terlebih lagi telah beberapa bulan tidak bertemu dengan keluarga dan tidak kembali ke kampong halaman alangkah senangnya melepas kangen bersama keluarga. Mudik ke kampong halaman adalah momen yang paling ditunggu, namun hal itu harus dibayar dengan beberapa waktu yang tersita untuk menempuh perjalanan jauh, dan juga lelah, namun usaha itu akan terbayar. Berikut tips- tips yang penulis rangkum untuk yang mau mudik ke kampong halaman.
1.      Beresin kosan pemirsa terlebih dahulu, agar aman dan nyaman selama pergi liburan. Lipat baju, gulung karpet dan kemasi barang- barang yang berserakan, serta makanan yang tersisa agar di bawa agar tidak di semutin.
2.      Kunci Kostan dengan rapat serta matikan aliran listrik, serta minta izin ke bapa kosan untuk pulang dan pamitan. Agar kosan aman, titipkan kosan anda ke bapa kosnya.
3.      Persiapkan barang yang kira- kira terpakai saat liburan di rumah, seperti baju secukupnya, laptop, hp, dan buku jika perlu.
4.      Sebelum perjalanan dimulai alangkah bainya makan terlebih dahulu, serta membawa bekal selama perjalanan.
5.      Rencanakan kegiatan di kampong halaman selama liburan, untu membantu ibu atau ayah, atau pergi bersilaturahmi ke saudara atau kumpul bareng teman- teman, agar libuan jadi tak sia- sia.
6.      Tetap berhubungan dengan teman- teman kuliahan via sms atau fb.
7.      Salam untuk keluarga, dan selamat berlibur.

4. Bagi yang tak kemana- mana
Liburan telah tiba, males buat ke rimba hutan, gak punya kampong halaman serta gaka ada event. Akhirnya gak kemana- mana selama liburan, penulis juga punya tips buat pemirsa yang menghabiskan liburan dengan jalan seperti ini.
1.      Persiapkan buku- buku bacaan, untuk menambah wawasan serta pemikiran pemirsa.
2.      Persiapkan anime yang mempunyai episode gak begitu banyak tapi seru.
3.      Persiapkan internet, lihat event- event  yang diadakan slama liburan di daerah pemirsa.
4.      Hubungi teman- teman kali aja mau kumpul bareng.
5.      Dan selamat liburan !
Akhir uas itu, awal dari liburan.
Stairway to Heaven